PAGES

Penyumpahan Gelombang Tiga, Sudah 627 Advokat KAI Jawa Barat Disumpah PT

Penyumpahan Gelombang Tiga, Sudah 627 Advokat KAI Jawa Barat Disumpah PT

Penyumpahan Gelombang Tiga, Sudah 627 Advokat KAI Jawa Barat Disumpah PT

25 Oktober 2016
Penyumpahan Gelombang Tiga, Sudah 627 Advokat KAI Jawa Barat Disumpah PT

Para advokat yang terhimpun dalam Kongres Advokat Indonesia (KAI) Jawa Barat kembali disumpah pada sidang terbuka Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Barat. Penyumpahan yang diikuti oleh 179 advokat ini merupakan penyumpahan gelombang ketiga di organisasi pimpinan Ketua Harian DPD KAI Jawa Barat Lukman Chakim SH MH-Sekretaris Wijanarko SH dengan Kepemimpinan nasional di bawah Presiden H Indra Sahnun Lubis SH.

Seperti biasa, penyumpahan yang digelar di Aula PT Jawa Barat pada Rabu (11/11/2015) itu dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi (KaPT) Jawa Barat Dr Hj Emmy Mustofa SH MH.  Dengan demikian hingga hari ini, DPD KAI Jabar advokatnya telah disumpah sebanyak 627 yang terbagi dalam tiga gelombang.

“Kami dari KAI, khususnya para Advokat KAI Jawa Barat mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada Ibu KaPT,” kata Ketua Harian DPD KAI Jawa Barat Lukman Chakim kepada wartawan usai acara.

Selain itu, KAI juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Mahkamah Agung RI yang telah menerbitkan SKMA No 73/KMA/HK.01/IX/2015 tanggal 25 September 2015, sehingga penyumpahan yang ditunggu-tunggu oleh advokat KAI bisa terlaksana.

Meskipun Lukman menyesalkan, dalam kenyataannya banyak organisasi advokat yang tiba-tiba mengajukan penyumpahan meskipun sebelumnya tidak melaksanakan pasal 2 dan pasal 3 UU No 18 tahun 2003 tentang Advokat sebagaimana disyaratkan dalam angka 7 SKMA tersebut.

“Karena apabila syarat tersebut dilaksanakan secara konsisten maka organisasi advokat yang dapat mengajukan permohonan penyumpahan adalah organisasi yang telah mengadakan ujian dan pendidikan advokat, serta mengawasi proses magang calon advokatnya selama 2 tahun, tapi pada kenyataannya ada juga yang organisasi advokat yang mengajukan penyumpahan dengan dasar melegalisir surat pengangkatan advokat produk dari organisasi advokat lainnya,” urainya.

Selanjutnya, imbuh Lukman, DPD KAI Jabar akan melakukan konsolidasi dengan 17 DPC KAI yang telah terbentuk di Jabar untuk meningkatkan pelayanan hukum bagi pencari keadilan di seluruh pelosok Jawa Barat dengan membentuk Lembaga Bantuan Hukum di tiap-tiap cabang yang dikoordinir oleh LBH KAI Jabar, serta melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap advokat anggota KAI Jabar.

“Pengawasan dimaksudkan untuk membina advokat KAI agar tetap menjalankan kode etik advokat dalam menjalankan tugas profesinya. Untuk itu peranan Dewan Kehormatan KAI Jabar yang dipimpin oleh Adv Dindin S Maolani SH akan makin berat ke depan untuk menjaga agar perilaku advokat KAI tidak merugikan para pencari keadilan,” kata Lukman memberi pengarahan kepada anggotanya.

Seiring dengan itu, jelasnya perlindungan terhadap anggota juga makin ditingkatkan untuk menghadapi intervensi yang mengancam independensi anggota dalam menjalankan profesinya.  Sementara itu KaPT Emmy Mustofa dalam sambutannya mengatakan, penyumpahan yang dilakukan oleh PT Jabar ini karena ingin memperlakukan sama terhadap advokat untuk diambil sumpah.

Ia minta agar para advokat untuk bersaing secara sehat serta menjaga kepercayaan yang diberikan oleh klien. “Saya minta advokat tidak hanya membantu klien tetapi juga ikut melakukan penataan terhadap peradilan dan sistem hukum,” pinta KaPT.

KaPT juga berpesan agar jangan main-main terhadap orang yang teraniaya, karena orang yang teraniaya tidak ada dinding dengan Tuhan.


Usai acara, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Pusat KAI Abd Rahim Hasibuan mengatakan, penyumpahan advokat KAI Jabar gelombang tiga ini menandakan bahwa KAI Jabar adalah yang terbesar. “Kita memberikan penghargaan kepada KaPT Jabar yang sudah tiga gelombang melakukan penyumpahan terhadap advokat KAI Jabar, kita juga memberikan penghargaan kepada KAI Jabar yang telah melakukan kerjasama baik dengan PT, dan ini diharapkan akan diikuti oleh DPD-DPD KAI seluruh Indonesia,” kata Rahim.

Iapun minta agar DPD KAI Jabar sebagai lokomotif perjuangan KAI secara keseluruhan.

Ketua Verifikasi Panitia Penyumpahan Nasional Advokat KAI Siti Jamaliah Lubis yang juga hadir pada penyumpahan kali ini menyambut baik penyumpahan advokat KAI seluruh Indonesia yang diawali dari PT Jawa Barat.

“Saya selaku Ketua Verifikasi Penyumpahan Advokat KAI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Jabar,” ucap Mia, demikian ia kerap disapa.

Hadir pada kesempatan tersebut dari KAI antara lain Siti Jamaliah Lubis SH MH, H Abd Rahim Hasibuan SH MH, Zakirudin Chaniago SH MH, H Herman Kadir SH MH dan lain-lain.

Sumber : Mediasi Online




25 Oktober 2016

Pengumuman Penyerahan BA Sumpah PT DKI Jakarta