PAGES

KaPT DKI Made Aryawan: Hadirnya Kompetisi Advokat, Diharap Kualitas Makin Bagus

KaPT DKI Made Aryawan: Hadirnya Kompetisi Advokat, Diharap Kualitas Makin Bagus

KaPT DKI Made Aryawan: Hadirnya Kompetisi Advokat, Diharap Kualitas Makin Bagus

25 Oktober 2016
KaPT DKI Made Aryawan: Hadirnya Kompetisi Advokat, Diharap Kualitas Makin Bagus

Ketua Pengadilan Tinggi (KaPT) DKI Jakarta Made Rawa Aryawan SH MHum memimpin Sidang Terbuka, ketika 263 advokat yang berasal dari Kongres Advokat Indonesia (KAI) bersumpah sebelum melaksanakan profesinya, sesuai yang diamanatkan pasal 4 ayat 1 Undang-undang Advokat. Ini merupakan yang pertama kali dilakukan PT DKI Jakarta dalam penyumpahan advokat KAI pimpinan Presiden H Indra Sahnun Lubis SH pasca keluarnya SKMA 73/KMA/HK.01/IX/2015 tertanggal 25 September 2015.

Acara yang digelar di Aula PT DKI Jakarta pada Selasa (3/11/2015) itu dihadiri juga oleh Presiden KAI H Indra Sahnun Lubis SH, Sekjen Apolos Djarabonga SH, Ahmad Yani SH MH, Ketua Panitia Penyumpahan Nasional KAI Siti Jamaliah Lubis SH MH, H Abd Rahim Hasibuan SH MH, Zakirudin Chaniago SH MH, Sitor Situmorang, dan lain-lain.

Dalam sambutannya, KaPT DKI Jakarta Made Aryawan mengucapkan selamat atas disumpahnya para advokat di PT DKI Jakarta, “dengan demikian mulai hari ini bapak-bapak ibu-ibu sudah bisa mengambil bagian tugas sebagai penegak hukum,” ucap KaPT.

Sekarang imbuhnya, sudah terjadi kesetaraan di antara organisasi advokat baik Peradi, KAI, IPHI maupun yang lainnya, sehingga harus ada revisi secara detail UU Advokat sebagai dasar hukumnya. “Sebagai bagian dari era demokrasi, kita harus dewasa, karena konflik internal, sehingga Penyumpahan di PT harus ada moratorium. Bersyukur, sekarang semuanya sudah bisa dihargai, sehingga bapak-bapak ibu-ibu bisa bersumpah di PT,” kata Made Aryawan.



Di kalangan advokat, ia minta agar organisasinya harus kuat, profesionalisme ke depan juga harus ditingkatkan. Bukan saja penegak hukum, tapi para pencari keadilan juga kasihan karena tidak bisa melihat satu visi dan misi yang sama di antara penegak hukum.

“Dengan hadirnya kompetisi seperti ini, maka saya harap kualitas advokat juga makin bagus. Masyarakat tentu akan mencari yang terbaik, bermutu serta yang memberikan layanan terbaik,” kata Made Aryawan berharap.

Sementara Presiden KAI H Indra Sahnun Lubis dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KaPT yang telah berkenan membuka sidang untuk penyumpahan advokat KAI. “Kami juga berterima kasih kepada Bapak Ketua MA yang telah mengeluarkan SKMA dibukanya kembali sumpah advokat, setelah 7 tahun kita menunggu harapan itu,” kata Indra Sahnun yang disambut tepuk tangan para advokat yang baru disumpah.

Walaupun sudah begitu lama advokat KAI tidak dapat disumpah dan menderita karena tidak bisa beracara, namun menurut Indra, KAI tetap mengucapkan terima kasih kepada KaPT dan Ketua MA.

Ia selalu berpesan kepada anggotanya agar tak membuat pertikaian baik di Kepolisian, Kejaksaan maupun Pengadilan, karena semua masalah bisa dibicarakan dengan baik.

Sumber : Mediasi Online




25 Oktober 2016

Penyumpahan Gelombang Tiga, Sudah 627 Advokat KAI